manfaat pace untuk pupuk (pengeras) getah karet

assalamualaikum wr. wb…

kali ini saya ingin berbagi pengalaman dengan para pembaca, tentang manfaat pace (mengkudu) sebagai pupuk getah karet. berawal dari keisengan saya memasukan potongan buah mengkudu dalam wadah getah karet. dan ternyata getah nya menjadi beku.

hal ini menimbulkan rasa ingin tahu saya, maka saya coba lagi, menggunakan sari buah mengkudu. dan ternyata selain menjadi obat herbal mengkudu juga bisa kita gunakan sebagai pupuk getah karet. untuk itu saya ingin berbagi tips membuat pupuk dari mengkudu ini. langlkah nya sebagai berikut..

alat dan bahan;

  • buah mengkudu yang sudah masak
  • saringan
  • ember
  • air bersih
  • serbet

cara membuat :

  1. peras buah mengkudu menggunakan kain serbet sampai airnya benar-benar habis, lalu buang ampasnya
  2. campur sari mengkudu dengan air hingga terlarut.
  3. saring kembali larutan air + sari mengkudu dengan saringan. dan pupuk mengkudu telah siap digunakan..

demikian postingan kecil saya, semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca. khususnya bagi para petani karet. jika ada kritik dan saran dari para pembaca bisa ditulis ke kolom komentar, atau kirim kritikan anda di e-mail saya : ridwancs97@ymail.com.

wassalamualaikum wr.wb.

(indahnya berbagi bersama ridwan)

Leave a Reply

